Jumat, Februari 06, 2015

Panduan Muslim

Kewajiban seorg Muslim menurut ajaran Islam sbb:
a. IMAN yaitu meyakini Islam
b. "AMAL yaitu melaksanakan Islam
c. 'ILMU yaitu mempelajari Islam
d. Da'WAH/JIHAD yaitu mnyebarluaskan dan membela Islam
e. SHABAR yaitu tabah dalam ber-Islam.
(Q.S. Al-'Ashr).

Iman tdk dpt dilihat oleh indra, tetapi dpt dilihat dari indikatornya yaitu amal, ilmu, dakwah dan sabar. Iman dpt menebal dan dpt jg menipis, tergantung atas pembinaannya. Pembinaan iman adlh dengan amal, ilmu, dakwah dan sabar. Iman adlah keyakinan dlm hati dibuktikan dg lisan diwujudkan dlm amal perbuatan. Bukan hanya diucapkan oleh lidah.
(Q.S. Al-Baqarah 8-9).

Allah menciptakan segala sesuatu dengan 4 proses yaitu menciptakan, menyempurnakan, memberikan ukuran dan memberi bimbingan.
(al-A'la 2-4).

Allah menciptakan manusia, bumi dan semua alam semesta dengan segala ketentuan yg berlaku padaNya. Ia jadikan yang haq dan bathil, yg halal dan yang haram, dan yg indah dan yg buruk. Kepada manusia diberi-Nya akal pikiran, perasaan (hati) dan syahwat serta wahyu dengan ketentuan-ketentuan. Siapa yg berbuat dan memilih yg baik akan bahagia dan siapa yg berbuat atau memilih yg buruk akan mendapat derita.

Ada Qadha dan Qadar. Qadha berarti ketetapan Allah. Qadar atau taqdir berarti ukuran atau kekuasaan Allah. Qadha Allah telah berlaku sejak manusia lahir. Ia lahir di alam ini dengan tidak diberi hak siapa ayahnya atau ibunya, bagaimana warna kulitnya dst. Dalam pengembangan dirinya ia diikat oleh ketentuan2 yg diciptakan Allah bagi dirinya sesuai dengan ketentuan Sunnatullah dan Syari'atullah tersebut (taqdir).

Apa yg terjadi terhadap seseorang tidak lepas dari ihtiar (usaha) dirinya atau lingkungannya yang sekaligus merupakan keputusan Allah bagi seseorang.

-share dari forum Pengajian-

Tidak ada komentar: