Jumat, Agustus 21, 2015

Sakinah, Mawaddah, wa Rohmah

ARTI SAKINAH MAWADDAH WA RAHMAH 💞💕

Kita sangat sering mendengar kata-kata ini diucapakan pada saat mendo'akan teman atau kerabat yang akan melangsungkan pernikahan. Mungkin bagi sebagian orang ada yang belum familiar dengan kata tersebut. Untuk itu mari kita bahas satu persatu arti dari kata-kata tersebut.

Mari kita mulai dengan menelusuri asal kata tersebut, melalui firman Allah SWT di dalam Al-Qur'an yang artinya:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Ruum [30] : 21).

Dalam ayat itu tercantum kata-kata sakinah mawaddah wa rohmah, yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Sakinah
Asal katanya litaskunu = sakana = Sakinah =Tenang = Istri menjadi tempat berteduh. Jadi, seorang isteri harus selalu menjaga penampilannya di hadapan suami, baik fisik maupun ruhaninya.

Makna Litaskunu menurut Ibnu kastir :
a. Lita’ Tafu : Saling mengikat hati (QS. Al-Anfal : 63). => Faktor ikatan hati adalah iman, bukan harta, kedudukan, apalagi tampang.
b. Tamilu ‘Ilaiha : Kamu condong kepadanya. => Condong pikiran, perasaan, tangggung jawab. Di sini akan diketahui bahwa kewajiban seorang isteri adalah taat kepada suami. Jadi, masak, mencuci, dan lain sebagainya itu bukanlah sebuah kewajiban, melainkan perbuatan dalam rangka ketaatan pada suami.
c. Tadma’inubiha : Kamu merasa tenang dengannya.

Secara sederhana Sakinah  adalah Tenang, Tentram . 

Mawaddah Mawaddah dalam rumah tangga diartikan dengan cinta. Menurut Hasan Al-Basri, mawaddah adalah metamorfosa dari hubungan suami istri. Jika rumah tangga adalah mesin, maka mawaddah adalah dinamonya.
Di antara ciri Mawaddah adalah :
a. Sering saling memberi hadiah.
b. Kasratu Dzikrihi : Selalu mengingat kebaikannya.
c. Kasratu Ittishali Ma’ahu : Selalu berkomunikasi dan saling terbuka.

Secara sederhana Mawaddah artinya adalah Cinta, Harapan .

Wa
Adalah dan.

Rahmah
Rahmah = Yarhamu = Kasih sayang. Ini adalah hasil akhir dari sakinah dan mawaddah.

Secara sederhana  Rahmah artinya adalah KasihSayang .

Jadi pengertian umum dari kalimat sakinah, mawadah wa rahmah adalah damai, tenang dan tentram dalam cinta dan kasih sayang. Sebuah kalimat yang sangat indah.. 😍

(Jimi Hendrik/ Berdakwah.net) 

Semoga Allah jadikan keluarga kita, keluarga yang Sakinah Mawadah Wa Rahmah. 🙏

Tidak ada komentar: