Minggu, September 21, 2014

TENNIS ELBOW

Tennis Elbow ( Lateral Epikondilitis )

Nyeri siku bagian luar, mungkin Anda terkena Tennis elbow atau lateral epikondilitis.

Namanya Tennis Elbow, tapi kebanyakan penderita tenis elbow bukanlah pemain tennis, bahkan kurang dari 5% dari semua kasus tennis elbow terjadi pada orang yang bermain tennis. Tennis Elbow bisa terjadi pada semua orang, terutama mereka yang banyak menggunakan (gerakan berulang) siku, pergelangan tangan dan tangan mereka dalam bekerja, atau menjalankan hobi atau olahraga.

APA ITU TENNIS ELBOW (LATERAL EPIKONDILITIS) ? 
Tennis elbow adalah nyeri dan peradangan di daearah perlekatan otot pada tulang sisi luar siku (epicondyles) yang disebabkan oleh terlalu seringnya menggunakan otot-otot "ekstensor" di lengan. Otot-otot yang Anda gunakan untuk menggenggam, memutar tangan, dan membawa benda-benda dengan tangan Anda semua melekat pada "epikondilus lateral" di siku. Oleh karena itu gerakan dari pergelangan tangan atau lengan dapat menyebabkan nyeri pada epikondilus lateralis. Lihat gambar otot tangan dan lengan bawah di bawah ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPpY_UjcNMDNuVKAHFl79g5Zpj02ZyXoNJseLIvmuRV2Dp2mKyIS5FsABtCk8fQWJfpJnMzwgvRIuzOCGjKoct9j9Ma-r_djvjZ4p_M4wL-WjbDlupKocMLyasjQq_NMCNass_PQgwmJ3w/s1600/tennis+elbow+2.gif



Penggunaan jangka panjang dari pergelangan tangan dan lengan bawah, seperti ketika mengetik pada keyboard komputer atau mengoperasikan mesin pemotong rumput, bermain tenis dengan pegangan atau teknik yang tidak tepat dapat menyebabkan tennis elbow. Hal ini dapat terjadi pada atlet, non-atlet, anak-anak, dan orang dewasa. Tenis elbow lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Tennis elbow sering dialami oleh orang-orang antara usia 30-50 tahun.


TANDA DAN GEJALA 
Tennis Elbow dapat terjadi secara tiba- tiba akibat penggunaan berlebihan dari pergelangan tangan dan lengan bawah untuk aktifitas yang membutuhkan kekuatan, seperti mengangkat, memutar, atau menarik benda tertentu. Aktivitas tersebut dapat mencederai serat otot ekstensor dan menyebabkan tennis elbow.

Tapi pada umumnya gejala tennis elbow berkembang secara bertahap selama beberapa minggu atau bulan akibat dari gerakan berulang dari pergelangan tangan, tangan, dan siku dalam jangka panjang. Jika Anda bekerja sebagai kasir minimarket, Anda mungkin mengalami gejala tennis elbow akibat sering mengetik dan sering mengangkat keranjang belanja. Gejala tennis elbow juga biasa ditemui pada orang yang pekerjaannya sering menulis. Orang yang sering mengendarai sepeda motor biasanya mengalami tennis elbow kanan karena selain untuk mengontrol kendali tangan kanan juga digunakan untuk menarik gas.

Berikut ini beberapa tanda dan gejala tennis elbow : 
Nyeri pada sisi luar siku, bisa menjalar ke lengan bawah dan pergelangan tangan.
Kesulitan melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti memutar handle pintu atau mngangkat secangkir kopi.
Nyeri saat menggunakan pergelangan tangan atau lengan bawah untuk mengangkat benda, membuka botol, atau mencengkeram erat sesuatu, seperti pisau dan garpu, mengetik dsb...
Kekakuan pada siku.
Kelemahan otot-otot lengan.

BAGAIMANA MENDIAGNOSA TENNIS ELBOW? 
Fisioterapis akan melakukan pemeriksaan-tidak hanya pada siku Anda, tetapi juga bagian tubuh lain yang mungkin terpengaruh atau berkontribusi menyebabkan tennis elbow.

Fisioterapis akan melakukan tes manual khusus yang membantu mendiagnosa masalah dan membantu mendeteksi kondisi seperti kelemahan otot yang bisa menyebabkan masalah di epokondilus lateralis.

Fisioterapis mungkin meminta Anda untuk menegangkan atau meregangkan otot-otot yang nyeri untuk mengidentifikasi lokasi yang tepat. X-ray jarang dibutuhkan untuk mendiagnosa kondisi ini.

BAGAIMANA FISIOTERAPI MEMBANTU ANDA?
48Jam pertama 
24 sampai 48 jam setelah Anda merasakan nyeri, fisioterapi meliputi: 
Mengistirahatkan lengan dengan menghindari aktifitas tertentu dan mengubah cara Anda melakukan aktifitas.
Menggunakan kinesiotaping, elastic bandage atau dekker.
Tergantung pada tingkat keparahan, fisioterapis mungkin menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut atau pertimbangan untuk mendapatkan perawatan seperti obat-obatan.

Dalam beberapa kasus-namun jarang, pengobatan seperti suntikan kortison atau operasi mungkin diperlukan untuk kondisi tennis elbow. Fisioterapis dapat membantu Anda menentukan apakah Anda memerlukan rujukan ke profesi kesehatan lain.

Fisioterapis bisa merancang program fisioterapi untuk mempercepat pemulihan tennis elbow yang Anda derita. Biasanya fisioterapis akan memberikan serangkaian latihan dan perawatan lain di klinik, Anda juga akan dianjurkan untuk melakukan latihan sederhana seperti stretcing atau strengahtening otot lengan dan tangan di rumah. Fisioterapis membantu menghilangkan nyeri dengan latihan otot-otot lengan dan tangan, terapi es atau peamanasan atau keduanya, dan stimulasi listrik.

Tennis elbow "akut" (terjadi dalam beberapa minggu terakhir) harus segera diobati sedini mungkin. Jika tidak segera diobati, tennis elbow dapat menjadi kronis dan bisa berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Tennis elbow juga bisa berkembang menjadi kronis jika pengobatan hanya difokuskan pada mengurangi nyeri tanpa. memperbaiki kelemahan otot dan kebiasaan buruk yang mungkin telah menyebabkan tennis elbow.
  
Meningkatkan Kemampuan Gerak Anda 
Fisioterapis dapat menggunakan terapi manual, myofascial reease, stretching untuk memungkinkan sendi dan otot untuk bergerak lebih bebas dengan lebih sedikit rasa sakit. Fisioterapis juga akan mengajarkan bentuk-bentuk latihan untuk meminimalisir rasa nyeri saat bergerak.

Download Leaflet Latihan untuk tennis elbow, konsultasikan dengan fisioterapis Anda.

Meningkatkan Kekuatan Otot Anda 
Kelemahan otot dapat menyebabkan tennis elbow. Biasanya kelemahan otot-otot pergelangan tangan dan lengan bawah. Dalam banyak kasus, masalah berasal dari kelemahan otot postur - "core muscle". Mungkin Anda juga perlu untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan untuk membantu memperbaiki kondisi siku Anda. Berdasarkan evaluasi dan pemeriksaan, fisioterapis dapat menentukan dosis, jenis dan jumlah latihan yang tepat untuk Anda.

Fisioterapis akan meresepkan beberapa jenis latihan untuk pemulihan dari tennis elbow: 
Pada awal pengobatan, ketika nyeri masih sangat intens, fisioterapis akan merekomendasikan latihan pasif di mana pergelangan tangan dan siku digerakkan tanpa menggunakan otot-otot Anda.Setelah gejala membaik-nyeri mulai berkurang, Anda dapat menggerakkan pergelangan tangan dan siku secara aktif - tanpa bantuan.Bila otot-otot sudah lebih kuat dan gejala telah berkurang, Anda dapat mulai menggunakan beban atau resisted band untuk meningkatkan kekuatan Anda. Jumlah beban perlu dipantau secara seksama untuk memastikan peningkatan kekuatan otot Anda dan menghindari cedera akibat overtraining.Menggunakan otot Anda dengan cara yang benar 
Fisioterapis dapat membantu Anda melatih menggunakan otot Anda dengan benar. Misalnya, ketika Anda mengangkat tas belanjaan yang berat,Anda harus menegangkan otot-otot sekitar tulang belikat dan punggung Anda untuk memberikan dukungan pada otot lengan Anda.

Gerakan sederhana yang diajarkan fisioterapis kepada Anda ini bisa mengurangi 'stres' pada otot yang mengalami cedera dan membantu Anda kembali ke aktivitas normal.

Kembali ke Kegiatan Anda 
Fisioterapis akan membantu Anda tetap aktif dengan mengajarkan bagaimana memodifikasi kegiatan sehari-hari Anda untuk menghindari rasa sakit dan cedera lebih lanjut. Kadang-kadang perlu membuat perubahan atau modifikasi tempat kerja atau rumah Anda. Fisioterapis dapat membantu Anda membuat modifikasi sederhana untuk tempat kerja Anda, set-up komputer Anda, perangkat Anda di dapur, peralatan olahraga Anda untuk mengurangi ketegangan di tangan , pergelangan tangan, dan lengan bawah Anda. Fisioterapis menekankan pentingnya 'break and stretch' (istirahat dan peregangan) saat. Anda menjalani aktifitas pekerjaan Anda, sehingga otot Anda mendapat kesempatan untuk beristirahat agak sering dari melakukan aktifitas gerakan berulang.

Tenis ,badminton atau tenis meja mungkin menjadi faktor penyebab tennis elbow karena beberapa alasan. Kadang-kadang karena over training-terlalu sering berlatih. Mungkin juga karena berat raket atau cengkeramannya perlu disesuaikan. Masalah lain, mungkin berasal dari postur yang tidak benar, kebugaran tubuh yang buruk, atau kurangnya kekuatan dari otot 'core', otot-otot punggung dan tulang belikat. Fisioterapis bisa membantu menganalisa sumber masalah dan membantu menemukan solusi.

DAPATKAH TENNIS ELBOW DICEGAH? 
Ya! Anda dapat membantu mencegah tennis elbow dengan menjaga tubuh agar tetap fit, menggunakan teknik yang tepat dalam olahraga atau pekerjaan Anda, dan menggunakan peralatan yang dirancang dengan baik dan tepat untuk tipe tubuh dan tingkat aktivitas Anda. Fisioterapis dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana. Jika Anda pernah mengalami tennis elbow Anda mungkin berberesiko risiko mengalami cedera ulang (kambuh) jika tendon tidak benar-benar disembuhkan dengan tuntas atau jika kekuatan otot dan mobilitas sendi tidak sepenuhnya pulih.

Copyright (c) 2013 KLINIK FISIOTERAPI TRENGGALEK.

http://www.fisioterapi-trenggalek.com/2013/07/nyeri-siku-bagian-luar-mungkin-anda.html?m=0

Tidak ada komentar: