Senin, September 08, 2014

Spondilosis Servikal (Cervical Spondylosis)

Apa itu Spondilosis Servikal (Cervical Spondylosis) ?

Tulang belakang servikal terbuat dari tulang (vertebra) dengan bantalan (cakram) di antaranya. Seiring kita bertambah usia, tulang dan cakram akan merosot. Tulang taji (osteofit) mungkin terbentuk dan rongga tulang belakang mungkin menyempit (stenosis). Perubahan ini dikenal sebagai Spondilosis Servikal.

Bagaimana Saya mendapat gejala ?

Seiring dengan merosotnya tulang belakang, formasi osteofit terjadi bermaksud untuk menyatukan vertebra bersama-sama untuk meminimalkan pergerakan. Osteofit-osteofit ini mungkin menyebabkan gejala-gejala tidak diinginkan sekali itu menjadi berhubungan dengan akar syaraf atau sumsum tulang belakang manapun..

Penyebab

Penyebab dasar Spondilosis Servikal seringkali disebabkan oleh usia terkait pakai dan rusak tulang belakang dan cakram servikal.

Gejala

Gejalanya adalah nyeri leher, nyeri mendalam yang menetap, yang menyebar ke bahu dan turun ke tangan, telapak tangan, dan jari. Mati rasa atau kelemahan tangan, telapak tangan, jari, atau kaki. Sakit kepala.


Faktor Resiko

Pakai dan rusak tulang belakang dan degenerasi cakram disebabkan penuaan adalah faktor resiko utama untuk berkembangnya Spondilosis Servikal. Cedera leher mungkin juga meningkatkan resiko Anda.

Pencegahan

Tidak terdapat cara tertentu untuk mencegah kondisi ini. Namun demikian, beberapa perubahan gaya hidup mungkin memperlambat proses degenerasi. 

Perubahan gaya hidup termasuk :

● Latihan penguatan dan fleksibilitas teratur untuk leher dan otot punggung.
● Latihan aerobic teratur, contohnya berlari, berenang, bersepeda.
● Kesadaran postural untuk menjaga postur yang baik.
● Perubahan tempat kerja untuk mengurangi stress pada punggung dan leher.
● Berhenti merokok.
● Menjaga jarak berat badan sehat.

Diagnosis

Bagaimana saya memastikan bahwa saya memiliki Spondilosis Servikal ?

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik; Sinar-X dan studi Penggambaran Resonansi Magnetik (MRI) membantu. Penggambaran ini mungkin menunjukkan ketidaknormalan dan memperlihatkan luasnya kerusakan tulang belakang servikal.

Pilihan Pengobatan

Apa saja pilihan pengobatannya ?

Gejala mungkin berlangsung untuk beberapa bulan hingga tahun. Jika anda memiliki gejala ringan, dokter akan merekomendasikan istirahat, obat-obatan, dan terapi fisik. Operasi akan menjadi pilihan terakhir.

Istirahat
Pada fase akut, Anda mungkin perlu menggunakan kerah servikal untuk membatasi pergerakan leher dan mengurangi iritasi syaraf.

Obat-obatan
Dokter mungkin meresepkan beberapa obat-obatan anti-inflamasi non-steroid (NSAIDs) atau penghilang nyeri lainnya untuk menghilangkan nyeri dan mengurangi bengkak. Penggunaan pelemas otot mungkin berguna.

Terapi Fisik
Traksi servikal, terapi panas/dingin atau program latihan aktif mungkin membantu untuk meringankan gejala. Latihan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot.

Operasi
Itu hanya diperlukan jika Anda memiliki nyeri akut yang tidak membaik dengan pengobatan lainnya atau jika gejala neurologis meningkat.

Tidak ada komentar: