Selasa, Juni 30, 2015

B a h a g i a

Tentang KEBAHAGIAAN, copas dari teman:

"APAKAH KARENA KECOA?"

Di sebuah restoran, seekor kecoa tiba-tiba mendarat pada seorang wanita. Dia mulai berteriak ketakutan. Dengan wajah panik dan suara gemetar, dia melompat dan kedua tangannya berusaha keras untuk menyingkirkan kecoa tersebut.

Reaksinya menular, karena semua orang di kelompoknya menjadi panik. Wanita itu akhirnya berhasil menghalau kecoa tersebut pergi, tapi kecoa itu ternyata mendarat di wanita lain dalam kelompok. Sekarang, giliran wanita lain tersebut yang melanjutkan drama. 😊

Seorang pelayan bergegas ke depan untuk menyelamatkan mereka. Dalam sesi saling lempar tersebut, kecoa berikutnya jatuh pada pelayan. Pelayan tersebut berdiri kokoh, menenangkan diri dan mengamati perilaku kecoa di kemejanya itu. Ketika dia cukup percaya diri, diraihnya kecoa itu dengan tangan dan dilemparnya keluar restoran. 😄

Sambil menyeruput kopi dan menonton hiburan itu, saya jadi berfikir dan bertanya-tanya, apakah kecoa yang bertanggung jawab untuk perilaku heboh mereka?

Jika demikian, maka mengapa pelayan tersebut tidak terganggu? Dia menangani peristiwa tersebut dengan hampir sempurna, tanpa kepanikan.

Yang mengganggu wanita itu bukanlah kecoa, tetapi ketidakmampuan wanita itu untuk menangani gangguan yang disebabkan oleh kecoa tersebut.

Disitu saya menyadari bahwa bukan teriakan ayah/atasan/istri saya yang mengganggu saya, tapi ketidakmampuan saya untuk menangani gangguan yang disebabkan oleh teriakan mereka lah yang mengganggu saya...

Bukan kemacetan lalu lintas yang mengganggu saya, tapi ketidakmampuan saya untuk menangani gangguan yang disebabkan oleh kemacetan lah yang mengganggu saya.

Reaksi saya terhadap masalah itulah yang sebenarnya lebih menciptakan kekacauan dalam hidup saya, melebihi dari masalah itu sendiri.

Pelajaran dari cerita ini:
Saya mengerti bahwa saya tidak harus bereaksi dlm hidup, tetapi saya harus selalu merespon.

Para wanita bereaksi, sedangkan pelayan merespon. Reaksi selalu naluriah, sedangkan respon selalu dipikirkan baik-baik.

Sebuah cara yang indah untuk memahami HIDUP. Orang yang BAHAGIA bukan karena semuanya berjalan dengan benar dalam kehidupannya, tetapi dia BAHAGIA karena sikapnya dalam menanggapi segala sesuatu di kehidupannya adalah benar!

Have a Great Monday 🌹

Tidak ada komentar: