Senin, Desember 08, 2014

Singapore, December 6th 2014

Alhamdulillah, Sabtu 6/12 aku sudah diperiksa oleh Dokter.
Kata Dokter, tangan dan kaki yg kiri masih bagus.. tapi yg kanan tidak bagus atau reaksinya lamban. Berarti tekanan syaraf di leher semakin besar dibandingkan 2 thn lalu.
Dokter sampaikan tidak boleh dibiarkan terlalu lama, krn bisa mendadak tak bertenaga atau lumpuh tanpa muncul gejala apa pun..

Jadi, Dokter suggest supaya aku menerima tindakan disuntik Laser -DISCOPLASTY- (yg dimasukkan plasma) segera.
Dokter tidak merekomendasikan utk dioperasi konvensional (yg dibedah dari depan dan diganti bantalan tulangnya) krn beresiko dan lama pemulihannya..

DISCOPLASTY bukan sejenis operasi makro, krn menggunakan metode Laser. Tindakannya dilakukan dgn cara Bius Total, 3 jam setelah operasi jika ingin bisa pulang tdk perlu dirawat inap.

Dokter menyarankan sebaiknya dlm waktu dekat ini atau segera.
Bahkan tadi Dokter tambahkan, jika aku mau Senin atau Selasa nanti juga siap, tapi hrs segera memberi kabar..

Tadi aku minta obat atau salep utk penghilang rasa sakit, tapi Dokter bersikeras tdk memberikan. Tapi obat lanjutan yg sebelumnya sebanyak 3 macam, Dokter menganjurkan utk diminum 2 macam saja utk 2 bulan.

Selanjutnya Dokter menginstruksikan agar aku melapor dulu kepada suami, tapi persetujuan jadi atau tidaknya operasi tetap dari aku. Dokter menyampaikan bahwa keputusan yg harus aku ambil memakan waktu lama hingga 2 tahun, pasti karena aku takut... 😊

Sebetulnya aku bukan takut, tetapi krn memikirkan biayanya yang mahal...
Biayanya sekitar 19Ribu s.d. 35Ribu SGD, tergantung kondisi banyaknya tindakan dan obat-obatannya.

Aku masih ada Tabungan utk berobat, tapi aku masih memikirkan biayanya yang mahal sekali...

Aku fikir mungkin sebaiknya aku operasi di RSPAD aja.. aku akan pelajari terlebih dahulu, tindakan DISCOPLASTY itu seperti apa.

Keinginanku sebenarnya aku ingin didampingi oleh suami selama menerima tindakan operasi, oleh karena itu tampaknya lebih nyaman jika operasi dilaksanakan di RSPAD aja..

Tetapi aku belum bisa memutuskan sekarang, aku masih bimbang.

http://spinedoctor.wordpress.com/2009/06/28/discoplasty/

Tidak ada komentar: