Selasa, Agustus 19, 2014

5 Kebiasaan Salah Saat Bangun Tidur

Jakarta - Bangun tidur merupakan momen yang paling penting dalam aktivitas Anda sehari-hari. Kesalahan aktivitas saat bangun tidur pun seringkali akhirnya membuat mood seharian menjadi tak menentu.
Oleh sebab itu, sebaiknya hindari melakukan 5 kebiasaan ini saat bangun tidur, seperti dikutip detikHealth dari berbagai sumber, Selasa (19/8/2014):
1. Langsung Olahraga Berat
Pagi hari adalah waktu untuk sedikit bersantai. Berikan kesempatan pada tubuh untuk 'tersadar' secara perlahan dan lakukan aktivitas ringan, jangan langsung melakukan latihan fisik yang berat. Risiko untuk melakukan kesalahan dan cedera diyakini akan lebih besar.

Saat bangun dari tempat tidur pun Anda disarankan untuk meregangkan otot terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah berjalan perlahan dan nikmati waktu pagi untuk sedikit relaksasi, sebelum melakukan berbagai aktivitas selama seharian penuh.
2. Tidak Meregangkan Otot
Saat bangun tidur otot-otot di tubuh, terutama di tubuh bagian belakang, berada dalam kondisi agak kaku. Oleh sebab itu, biasakan untuk melakukan peregangan ringan. Termasuk jika paha dan betis Anda terasa tegang dan kaku, lakukan peregangan ringan di bagian tersebut. Peregangan sebaiknya dilakukan selama 3-4 kali dan lakukan sambil menarik napas dalam.
3. Langsung Minum Teh
Menurut ahli yoga dan kebugaran, Mini Shastri, hindari memulai hari Anda dengan sesuatu yang bersifat asam seperti teh atau kopi dengan gula dan susu. Untuk memiliki metabolisme tubuh yang baik, Anda disarankan untuk minum air putih atau boleh dicampur dengan sedikit air jeruk nipis.
4. Mengecek Ponsel
Anda tak harus langsung memeriksa ponsel dan menjawab segala pesan yang dikirimkan pada Anda sepanjang malam. Biasakan untuk fokus terlebih dahulu dengan pemulihan energi Anda setelah beristirahat semalaman. Cek ponsel saat kondisi tubuh dan energi Anda sudah benar-benar pulih, misalnya setelah mandi atau sarapan. Bukan tidak mungkin Anda menerima email atau pesan yang membuat mood berubah bukan?
5. Melewatkan Sarapan
Harvard School of Public Health mengatakan bahwa melewatkan sarapan menempatkan tekanan ekstra pada tubuh. Beberapa ahli kesehatan bahkan mengatakan bahwa tak sarapan membuat nafsu makan Anda menjadi tak terkontrol sepanjang hari.
Di pagi hari, kadar gula darah Anda berada pada kadar rendah karena jeda waktu yang cukup panjang antara makan malam dan sarapan. Jika Anda tak makan setelah setengah jam bangun tidur, bisa jadi Anda menjadi lemas dan lesu.
Ingatlah bahwa jenis asupan yang disarankan untuk dikonsumsi pada pagi hari misalnya berupa roti gandum, sereal atau buah. Hindari konsumsi gula dalam teh atau biskuit.
Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth

Tidak ada komentar: